Tips Kecil untuk SANTAI

Cinta yang sebenarnya indah sekali

Kadang menipu dan bikin sakit hati

Tapi lihatlah burung tetap bernyanyi

Terlalu indah untuk ditangisi

Mengejar sesuatu yag belum pasti

Kadang kau gagal, lalu frustasi

Tapi hidup yang indah cuma sekali

Terlalu singkat untuk ditangisi

Nyanyi lagu pantai, nyanyi lagu santai

Nyanyi lagu pantai, mari kita santai

Kalau kau frustasi, jangan kurang santai

Kalaupun sakit hati, jangan kurang santai

(penggalan lagu “Lagu Pantai” dari Steven & Coconut Treez)

Wah, sungguh lagu yang menarik. Membuat badan ingin bergoyang seiring irama reggae yang mengalir sepanjang lagu. Namun, yang paling menarik bagi saya adalah lirik lagu tersebut.

Grup band reggae dari tanah air ini mengajak orang untuk santai. Kenapa santai ? Bukannya mengajak orang untuk bekerja ? Justru itu sisi menarik dari lagu ini. Banyak orang yang begitu gila kerja atau terpaksa untuk ‘gila kerja’ hingga lupa meluangkan waktu untuk bersantai. Kesibukan bekerja ditambah bos yang cerewet, serba perfeksionis, membuat kadar stress seseorang meningkat. Akibatnya akan membuat lingkungan di sekitarnya menjadi tak nyaman. Dan ternyata stress itu cepat sekali menular. Kalau atasan panik dan stress karena deadline pekerjaan lalu dia menunjukkan hal itu pada bawahannya, maka stress dan panik itu akan otomatis menular pada bawahannya, dan bukan tak mungkin akan menular seisi ruangan.

Santai dapat membuat badan yang penat menjadi lebih siap untuk menghadapi kegiatan yang akan dihadapi. Santai juga seperti me-refresh otak dan pikiran kita sehingga diharapkan mampu bekerja lebih baik. Banyak orang yang beristirahat, tapi tidak bersantai. Mereka hanya menghentikan sejenak aktivitasnya, mereka tak menemukan hakikat istirahat. Santai tak selalu identik dengan kegiatan yang membuang waktu ataupun membuang uang. Di lingkungan kerja pun kita bisa bersantai sejenak, atau bahkan bekerja dengan santai tetapi tetap serius. Jika kita mau, kita pun bisa membuat lingkungan kerja yang santai. Berikut ini sekedar tips dari saya untuk merasakan sensasi santai di lingkungan kerja.

  1. Ciptakan meja kerja yang asyik menurut Anda. Kriteria yang asyik bagi tiap orang tentu berbeda. Usahakan senantiasa rapi menurut kriteria Anda, syukur-syukur rapi menurut umum.
  2. Gunakan pakaian yang bisa menunjang kegiatan Anda, jangan menggunakan pakaian yang justru akan membuat Anda tidak nyaman bergerak.
  3. Perhatikan tingkah laku rekan kerja di sekitar Anda, bukan tak mungkin ada ekspresi wajah atau perilaku mereka yang membuat Anda tersenyum atau bahkan tertawa..
  4. Dengarkan musik yang Anda sukai dengan volume yang disesuaikan dengan telinga dan ruang kerja. Usahakan musik yang ringan dan riang.
  5. Banyaklah bergerak, jangan hanya diam di meja. Dengan bergerak, tubuh akan menciptakan semacam hormon yang akan mengurangi tingkat stress.
  6. Apapun tugas yang menjadi tanggung jawab Anda, lakukanlah tugas itu dengan senang hati. Hati yang senang dan bahagia sejatinya merupakan obat segala stress.
  7. Hindari sikap bossy karena hal ini akan memicu ketegangan di lingkungan kerja. Tidak semua orang suka dengan perilaku bossy meskipun Anda memang boss di lingkungan kerja Anda.

Oke, itu beberapa tips dari saya. Semoga berguna bagi kita semua.

*Tak ada pekerjaan terbaik di dunia ini, tetapi yang pasti kerjakan pekerjaan Anda dengan sebaik-baiknya

One thought on “Tips Kecil untuk SANTAI

  1. santai aja coy kayak di pantai, bisa bermain bersama ombak,
    santai aja cuy kayak dipesawat, bisa terbang dan melayang tak takut jatuh…
    (teuing lagu saha, tapi gayana nge-rap (lain rape))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s