YANG MUDA YANG BICARA

“Kamu ini tahu apa ? Kamu masih kecil, belum cukup umur”

Beu… .  Kalimat seperti di atas itu merupakan salah satu kalimat yang tidak saya sukai. Kenapa ? Karena mencerminkan bahwa kita yang dipandang ‘belum cukup umur’ tidak boleh mengemukakan pendapatnya. Hanya yang sudah tua yang boleh ngomong dan mengeluarkan pendapatnya. Orang yang lebih muda dianggap tidak lebih tahu suatu persoalan daripada yang lebih tua. Padahal tidak demikian, malahan biasanya yang muda menawarkan ide-ide yang lebih segar, spontan, dan terkadang di luar kebiasaan atau di luar pikiran orang yang lebih tua atau lebih senior.

Kejadian kayak gini pasti kita temui dalam keseharian kita, dari lingkungan rumah hingga ke lingkungan di manapun kita berada, terutama lingkungan yang mengandung BIROKRASI… Seseorang yang masih ecek-ecek dianggap tidak pantas untuk mengemukakan sebuah pendapat. Biasanya yang berpendapat tentang hal ini adalah seorang senior yang kolot, ingin menang sendiri, selalu merasa dirinya benar, dan orang yang gila hormat. Dia tidak ingin tampak kalah di depan siapapun termasuk di depan junior atau orang yang notabene lebih muda darinya.

JONSPEAK

Saya cuma bingung dengan kebiasaan hidup bangsa ini, mengapa masih ada juga orang yang tidak memperbolehkan orang yang lebih muda, lebih junior, atau berpangkat lebih rendah dari dirinya untuk mengemukakan pendapatnya. Semoga saja kebiasaan-kebiasaan seperti itu berubah secepatnya, sehingga nantinya bisa membuat suatu tatanan masyarakat yang lebih pintar dan berbudaya.

Oiya, jangan-jangan ntar ada yang bilang “Tulisanmu ini aneh, kamu gak bisa gini. Kamu ini tahu apa ?” setelah baca tulisan saya ini.

 

Hwahahahahaha…. Whatever they say ! I just wanna write what I want……

 

 

Purnawarman 10:29

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s