JUDULNYA APA YA ?

Perjalanan berangkat dari Bandung menuju ke Jakarta kemarin sore cukup menyenangkan dan mengejutkan bagi saya. Saya beri tahu alasannya melalui cerita saya berikut ini.

Seperti biasanya, kalau udah awal bulan, saya pasti pulang ke Bandung. Rumah orang tua saya tidak berada di Kota Bandung, melainkan di Kabupaten Bandung dengan ibukotanya Soreang. Nah, kemarin siang saya berangkat dari rumah ke stasiun ba’da dzuhur padahal kereta yang akan saya tumpangi itu dijadwalkan berangkat jam 3 sore. Apa pasal saya berangkat sebegitu cepat dari rumah ? Karena saya hendak mampir mencari oleh-oleh titipan teman dan sekalian mampir ke rumah saudara.

Namun, ternyata jalanan Bandung sudah mulai mengikuti kejamnya jalanan Jakarta. Saya terjebak kemacetan di dalam angkot di sekitar Margahayu. Beu, itu macet mencapai beberapa kilometer. Saya gak tahu berapa kilometer jarak pasti kemacetan itu. Akhirnya dikarenakan kemacetan yang (lagi-lagi) diakibatkan ketidaktertiban pengendara kendaraan bermotor, saya baru bisa sampai ke tempat penjual oleh-oleh jam 13.12. Wah, sama sekali tidak terbayangkan saya bisa nyampe setelat itu. Dan Teman, setelah saya berhasil masuk ke toko oleh-oleh itu setelah sebelumnya terjebak kemacetan, ternyata barang yang saya cari tidak ada. Wakwawwwww….

Dengan hati yang lumayan mangkel, saya lanjutkan perjalanan yang lagi-lagi dihadang kemacetan. Huff, untungnya kemacetan kali ini tidak semacet di kawasan Margahayu. Di sekitar Pasar Caringin, saya berganti angkot untuk menuju kawasan Bojong, ke tempat saudara saya. Jam sudah menunjukkan 13.48. Wah, berarti saya harus cepat-cepat nyampe di sana nih. Tapi gimana mau cepat ? Lha wong yang punya kuasa di angkot ini adalah si sopir. Akhirnya saya cuma bisa pasrah aja. Dengan langkah yang tergolong tergesa-gesa, saya menuju rumah saudara saya, dan sampailah saya di depan pagar rumah saudara saya jam 14.03. Loh, kok mobil yang biasanya terparkir di halaman gak ada ? Saya mulai punya pikiran kalau saudara saya sedang pergi. Namun, saya tetap mencoba berpikir positif bahwa si empunya rumah ada di tempat. Oleh karena itu, saya pencet bel rumah beberapa kali. Namun, ternyata tidak ada yang membukakan pintu. Saya mulai merasa menjadi orang tolol, mengapa tadi sebelum ke sini saya tidak menghubungi saudara saya dulu ?

Dengan langkah yang tergesa-gesa, saya meninggalkan rumah saudara. Naik angkot lagi ke arah stasiun. Eh… baru beberapa menit duduk di angkot, gerimis mulai turun. Beruntung juga, gak keujanan. Namun, ternyata hujan semakin deras. Waduh, padahal seabis naik angkot Caringin-Sadang Serang saya masih harus nyambung angkot sekali lagi untuk bisa sampai di stasiun. Saya turun dari angkot Caringin-Sadang Serang di sekitar Istana Plaza. Nah, dari situ rencananya saya mau naik angkot ke stasiun. Huff…. saya berteduh di tukang bakwan Malang karena hujannya masih deras. Lama menunggu hujan reda sedangkan waktu terus berjalan, akhirnya saya nekad untuk berhujan-hujan ria mencari angkot ke stasiun. Alhamdulillah, dapet juga angkot yang ke stasiun saat jam menunjukkan 14.49. Hati udah terasa tenang saat saya berada di dalam angkot. Namun, ternyata hati yang sudah tenang itu terusik lagi setelah melihat ada genangan air alias banjir setinggi 15 sentimeter-an mengalir di Jalan Kebon Kawung. Waduh, makin ribet-lah perasaan. Kebasahan, banjir, ketinggalan kereta, terbayang-bayang di kepala selama saya berada di angkot itu. Begitu angkot berhenti di depan stasiun, saya langsung loncat dan berjalan dengan cepat ke dalam stasiun. Alhamdulillah, wa syukurilah…. Kereta belum berangkat dan akhirnya saya bisa duduk dengan tenang di kursi 5C gerbong Satu. Saat itu, jam menunjukkan pukul 14.56.

 

P.S : Ternyata keberangkatan itu kereta diundur menjadi jam setengah empat dikarenakan ada kerusakan pada lokomotif. Hufff….

2 thoughts on “JUDULNYA APA YA ?

Leave a Reply

