– tan

Hahahahaha….. Bertemu kembali dengan saya di awal tahun 2011 ini. Semoga kabar Teman-teman semua senantiasa baik dan semakin baik saja. Mungkin sebagian besar dari Teman-teman telah membuat resolusi di tahun 2011 ini. Nah, sebaiknya jangan hanya bisa membuat resolusi, laksanakanlah resolusi yang sudah Teman buat. Karena kalo cuma ngebuat resolusi tapi gak dilakukan, sama saja bo’ongYesterday afternoon child juga bisa kalau cuma kayak gitu aja.

Oke, tanpa ba bi bu lagi saya akan mengeluarkan sebuah pertanyaan dari teman sekostan saya, “Mengapa nama-nama negara pecahan Uni Soviet itu kebanyakan menggunakan akhiran –tan di belakangnya. Pasti ada artinya kan ?” Pertanyaan ini sepertinya konyol, namun menurut saya pantas dipertanyakan. Akhirnya dengan asalnya saya jawab, “Karena dulu pergerakan mereka itu berdasarkan pemberontakan militan. Akhirnya untuk menghormati para pemberontak militan itu, maka digunakanlah akhiran –tan pada militan menjadi akhiran pada nama negara mereka.” Saya pun ngeloyor pergi setelah menjawab itu.

Namun, pertanyaan itu tetap saya pikirkan dan sedang saya cari pagi ini dan jawaban atas pertanyaan itu belum bisa terjawab. Jadi saya tanyakan lagi pada Teman, mengapa digunakan akhiran –tan pada nama negara pecahan Uni Soviet seperti Tajikistan, Kazakhstan, Turkmenistan, Kirgizstan, Uzbekistan ? Tapi jangan memasukkan nama Afghanistan ama Pakistan dalam daftar ini ya !

😛

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s