Belut di Rujak

Selamat hari ini, semoga kita semua senantiasa diberikan keberkahan dalam menempuh hari ini dan hari-hari selanjutnya. Kali ini saya hanya akan bercerita tentang pengalaman mencicipi kuliner yang berjudul Rujak Belut.

Menu rujak belut merupakan suatu makanan baru dalam Kamus Besar Kuliner Alijon. Senin malam saya baru mengetahui ada warung yang menjualnya. Saat itu saya hendak menuju ke masjid kampus. Namun, saya hanya lewat saja tidak terpikirkan untuk mampir makan. Nah, baru tadi malam, saat hendak menuju ke masjid kampus lagi, saya sempatkan mampir untuk makan malam di warung itu. Menu yang saya pilih tentunya si rujak belut itu. Mungkin ada beberapa Teman yang menyimpulkan bahwa rujak belut adalah makanan berbahan dasar belut yang diberi bumbu rujak.

Rujak belut merupakan makanan yang terdiri dari belut goreng lalu disajikan dalam keadaan panas dengan siraman bumbu kacang/bumbu pecel (sebagian orang mengatakan bumbu petis). Pedas atau tidaknya bumbu kacang ini  tergantung selera pembeli, bisa pedas, maupun sangat pedas. Saya pribadi memilih bumbu kacang pedas karena harga cabe yang lagi mahal (… lho ?…..). Aroma gurihnya daging belut bercampur dengan bumbu kacang membuat perut saya semakin lapar. Saat potongan daging belut pertama memasuki mulut saya, saat itu juga saya merasakan kenikmatan yang sempat hilang selama beberapa tahun. Hmm…. Rasa belutnya ManSur banget, mantap surantap. Bumbu kacang yang nyatu banget dengan daging belut membuat makan saya menjadi lebih lahap. Tak sampai seperempat jam, tandas sudah nasi dan belut di piring saya. Benar-benar nikmat.

Setelah makan, saya pun melanjutkan perjalanan. Tentunya sebelum jalan, saya membayar makanan itu dengan selembar uang duapuluh ribuan dan mendapat kembalian delapan ribu rupiah. Hmm… sebuah harga yang pantas menurut lidah saya.

Teman mau mencoba ? Silakan mampir ke seputaran Jalan Raya Ceger untuk menemukan warungnya.

N.B : Bukan gambar sebenarnya. Gambar pecel belut ini diambil dari koprol.com😛

Leave a Reply

