Warung Spesial Sambal

Teman, selamat berjumpa lagi dengan saya di blog ini. Bagaimana akhir pekan teman-teman ? Dan bagaimana juga dengan harpitnas teman-teman ? Semoga apapun yang kalian alami menambah pengalaman hidup kalian.

Sambal merupakan salah satu masakan kesukaan sebagian besar penduduk Indonesia. Hampir di tiap daerah kita menemui apa yang disebut sambal, dan tiap daerah pun mempunyai ciri khas tersendiri. Asal muasal keberadaan sambal atau sambel tidak diketahui secara pasti, namun sambal sudah menjadi bagian hidup masyarakat Indonesia dari dulu hingga kini. Keberadaan sambal di Indonesia bisa disamakan dengan kimchi di Korea Selatan. Keduanya sama-sama tidak bisa dipisahkan dari kekayaan kuliner yang terdapat pada kedua negara. Nah, kali ini saya tidak akan membahas lebih jauh tentang sambal apalagi tentang harga cabai yang mahalnya melebihi harga beras. Saya hanya akan bercerita mengenai pengalaman kuliner saya kemarin sore.

Tumben-tumbennya si sayang ngajakin makan di suatu warung di kawasan Bintaro dan saya tidak tahu keberadaan warung itu. Menurut penuturannya, warung ini punya judul Warung SS. Katanya lagi di warung ini jualan utamanya adalah sambal. Tanpa banyak kata, saya memutuskan mengikuti ajakannya untuk makan di situ. Sore itu meluncurlah kami ke sana.

Tampilan web waroengss.com

Tampilan web waroengss.com

Benarlah apa kata si sayang, warung ini berjudul Warung SS alias Warung Spesial Sambal. Lokasinya berada di jalan Bintaro Utama Sektor 3, dekat dengan Rumah Yatim Mizan.Saat akan memasuki warung, terpampang tulisan:

27 JENIS SAMBAL, 11 JENIS SAYURAN

22 JENIS LAUK, 25 JENIS MINUMAN

Pertama kali masuk warung bernuansa restoran ini, MAHAL merupakan kata yang pertama kali terlintas dalam pikiran saya. Secara interior warung makan ini mengesankan demikian. Namun, pas lihat daftar menu, kata itu langsung berganti menjadi MURAH. Harga yang dikenakan untuk makanan yang tersaji per porsi tidak ada yang melebihi 10 ribu rupiah dan menu yang ditawarkan memang mayoritas sambal. Setelah membolak-balik halaman menu sebanyak 29 kali, Kami berdua memutuskan untuk memesan makanan sebagai berikut:

  • Sambal Terasi Segar
  • Sambal Terasi Lombok Ijo
  • Sambal Wader
  • Pecel
  • Tahu Goreng
  • Udang Goreng
  • Gereh Kranjang
  • Teh Manis
sebagian dari pilihan sambal

sebagian dari pilihan sambal

Lagi-lagi ada pikiran aneh dalam kepala saya berkata, “Palingan juga makanan yang disajikan porsi kecil. Lha wong harganya segini murahnya…” Namun, lagi-lagi saya melongo saat makanan yang datang termasuk dalam porsi normal. Tidak seperti di warung makan lainnya.

Jangan tanyakan tentang rasanya, karena Teman semua sudah tahu jawabannya. Ya, rasa masakan di warung ini benar-benar terasa NIKMAT di lidah dan perut saya. Sambal yang disajikan mantap ! Tak ada yang mengecewakan. Saya menambah satu porsi nasi untuk menemani saya menghabiskan pecel, tahu goreng, udang goreng, dan sambal. Makanan yang tersaji tandas oleh kami berdua, yang tersisa hanyalah sambal terasi segar dan sambal terasi lombok ijo. Perlu Teman ketahui, kedua sambal itu pedasnya termasuk dalam golongan ekstrim bagi kami. Semua makanan itu kami bayar dengan uang lima puluh ribuan dan kami mendapat kembalian sepuluh ribu.

Perut kenyang, hati lapang, pikiran tenang, dan kami senang. Itulah gambaran kenikmatan selepas kami keluar dari warung itu. Jika teman penasaran, silakan kunjungi website sang warung untuk melihat informasi mengenai menu yang ada.

Selamat mencoba… !😛

Leave a Reply

