[jemput] JODOH

Apa itu jodoh ? Dalam bentuk apakah dia hadir, sesuatu atau seseorang ? Mengapa kita terusik mendengarnya ? Jodoh adalah takdir dan takdir adalah jodoh. Ya, itulah yang terdapat dalam pikiran saya. Jodoh adalah takdir Allah yang telah ditetapkan saat kita baru berusia 120 hari dalam kandungan, saat ruh baru ditiupkan pada raga kita. Pada umumnya. Manusia menganggap jodoh adalah orang yang kelak atau sudah menjadi pasangan hidup kita yang disahkan oleh Akta Nikah. Namun, bukan itu yang terdapat dalam otak saya.

hewan juga punya jodoh

hewan juga punya jodoh

Jodoh bisa hadir dalam wujud seseorang ataupun sesuatu. Pada khususnya dia hadir dalam bentuk suami atau istri kita, namun  pada umumnya dia berbentuk orang-orang di sekitar kita. Mulai dari teman sekolah, teman kerja, tetangga, atau bahkan musuh kita. Allah telah menetapkan siapa jodoh kita dalam hal bekerja, bertetangga, ataupun bersekolah. Orang-orang yang ada di sekitar kita adalah jodoh yang telah Allah pilihkan bagi kita untuk menemani segala rutinitas atau aktivitas kita. Namun, Allah menetapkan jodoh dalam bentuk istri atau suami kita untuk menyempurnakan agama-Nya, karena istri atau suami kita merupakan penyempurna genggaman tangan kita. Celah-celah pada jari jemari kita hanya muat sempurna dengan jari jemari mereka.

Jodoh pun bisa mengubah wujudnya menjadi sesuatu. Dia bisa hadir dalam bentuk pekerjaan ataupun barang. Sebutlah nama Ari Ginanjar, dia tidak berjodoh dengan pekerjaannya sebagai salesman. Dia berjodoh dengan pekerjaan yang sekarang sebagai motivator. Jika memang dia berjodoh dengan pekerjaannya yang dulu, pasti dia akan sukses. Namun, ternyata jodohnya dengan movitating others yang membuatnya sukses seperti sekarang. Jodoh pun kerap hadir dalam bentuk barang. Lihatlah pakaian yang terdapat pada lemari, sepatu di rak, sepeda di garasi hingga rumah yang kita tinggali sekarang. Semuanya adalah jodoh bagi diri kita.

Sejauh ini itulah pemahaman saya mengenai jodoh. Masih banyak pertanyaan yang belum bisa saya jawab mengenai jodoh ini. Sepertinya hingga saat ini saya masih berjodoh dengan orang-orang di sekitar, barang-barang yang saya miliki, dan pekerjaan yang sedang saya lakoni sekarang. Bagaimana pendapat Teman ? NO CONTEST !!!

7 thoughts on “[jemput] JODOH

  1. Na says:

    ya setuju,… contoh lain adalah tempat tinggal…itu yang paling aku rasakan. memilih kos misalnya, entah kenapa merasa klop aja jika kita sudah menemukan ‘jodoh’nya.

  2. Alijon Adit says:

    Iya, sangat sudah menentukan jodoh dalam bentuk tempat tinggal. Makasih buat komennya, Teh Na… ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s