Rintisan Jalur Sepeda

Seperti kebiasaan sebelumnya, pada hari ini saya bersepeda ke kantor. Berangkat jam enam kurang sepuluh menit alias 05.50 dan sampai di kantor sekitar pukul 06.41. Waktu tempuh yang masih tergolong dalam kebiasaan saya. Namun, sebenarnya hari-hari yang kita lalui itu tak pernah biasa. Selalu saja ada hal yang istimewa dan tak akan terulang.

Pun demikian dengan pagi ini. Dalam perkiraan saya bersepeda pagi ini tetap memberikan efek yang biasa bagi diri saya, tetapi perkiraan itu meleset. Ada hal yang saya temui di jalanan yang membuat semangat bersepeda kembali menyala dahsyat, seperti baru pertama kali bersepeda ke kantor. Hal itu saya temui selepas bundaran sekitar Taman Langsat dan Taman Ayodya.

Sedang asyiknya melahap tanjakan kecil di sekitar Taman Ayodya, mata ini tertuju pada dua buah garis putus sejajar yang membatasi sebuah area hijau. Di tengah area hijau itu terdapat tanda panah putih. Inikah jalur sepeda yang dijanjikan oleh Pemkot Jakarta Selatan ? dalam hati saya bertanya demikian. Ternyata memang inilah jalur sepeda itu. Keyakinan ini muncul setelah saya melihat gambar sepeda berwarna putih yang dicat pada area hijau itu. Alhamdulillah, akhirnya jalur sepeda itu muncul juga.

Dengan adanya jalur sepeda ini, saya makin pede bersepeda di antara pengendara kendaraan lainnya. Saat warna merah pada lampu lalu lintas di perempatan Blok M Plaza menyala, saya pun dengan pede-nya berhenti di tengah jalur sepeda itu. Mungkin ada beberapa pengendara kendaraan bermotor yang melihat saya dan berpikir, “Wah, keren juga nih ! Pesepeda udah dikasi jalur sepeda.” Sepanjang Jalan Melawai, mulai dari Taman Ayodya hingga Melawai Plaza, jalur ini panjang terbentang. Tampak jalur sepeda ini masih dalam tahap pembangunan, karena masih ada beberapa titik yang belum dicat. Berarti jalur ini belum diresmikan.

Saya mengucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang telah membuatkan jalur ini. Semoga nantinya bakalan banyak jalur sepeda di kota Jakarta, dan semoga para pengendara sepeda dan pengguna jalan yang lainnya bisa saling mendukung dan menghormati.

*Gambar tidak bisa saya ambil.

2 thoughts on “Rintisan Jalur Sepeda

Leave a Reply

