Samwise Gamgee, Sahabat Sejati

Menurut Teman, siapakah tokoh paling berkesan dalam film The Lord of The Ring ? Apakah Frodo, Gandalf, Aragorn, atau malah si cincin itu sendiri ? Berbagai macam jawaban bisa saja muncul karena ini pertanyaan yang subjektif. Bisa saja ada yang menjawab bahwa yang paling berkesan dalam film adalah cincin itu sendiri (iyalah, lha wong judulnya aja udah nyebut-nyebut cincin :mrgreen:). Namun, bagi saya Samwise Gamgee adalah tokoh yang paling berkesan dalam film tersebut.

Samwise bukanlah seorang ksatria atau pemuda gagah. Dia hanyalah seorang tukang kebun untuk keluarga Baggins. Dia seorang pemalu yang baru bisa menyatakan perasaannya pada Rosie Cotton setelah pulang dari petualangan bersama dengan Frodo. Dialah yang membawa segala perlengkapan selama perjalanan.

Sean Astin memerankan Samwise Gamgee dalam LOTR

Samwise adalah seorang yang memegang teguh janjinya. Pada hari dia diminta oleh Gandalf untuk menemani Frodo, dia berjanji akan menemani Frodo hingga perjalanan berakhir. Janji itu dengan sekuat hati dia penuhi. Dia menjaga Frodo dengan sekuat raganya.

Samwise adalah seorang sahabat sejati bagi Frodo. Dia menemani perjalanan Frodo tanpa keluhan, malahan Frodo yang cenderung mengeluh pada Sam. Saat Frodo mengusirnya (dalam hal ini, Frodo telah termakan hasutan Gollum bernama Smeagol), Samwise mematuhinya dan pergi dari sisinya. Namun dia tidak benar-benar pergi. Dia kembali lagi karena dia khawatir Smeagol akan mencelakai Frodo.

Sebagai manajer dalam perjalanan ini, Samwise telah memperhitungkan segala kemungkinan. Dia pun telah membagi bekal untuk perjalanan pulang. Namun, ternyata rencana ini gagal karena ada Smeagol, sang gollum yang jahat. Saat Frodo kehabisan air dan makanan, dia tak segan untuk memberikan bekalnya pada Frodo.

Puncak dari kepribadian Samwise terlihat pada saat Frodo kelelahan dalam perjalanan menuju puncak gunung. Frodo sepertinya tak kuat lagi membawa beban yang ada di pundaknya. Sam mengusulkan untuk membuang semua hal yang tidak diperlukan. Akhirnya perjalanan dapat dilanjutkan lagi. Lagi-lagi Frodo kelelahan, padahal jarak kawah sudah dekat. Saat itulah Sam berkata, ”… Mari Tuan Frodo. Saya tak dapat membawakan cincin itu untukmu, tapi saya bisa membawamu ! Ayo !” Lalu tanpa banyak cakap, dia menggendong Frodo dan membawanya mendaki gunung. Dia tak memikirkan kelelahan yang dia alami, dia lebih mementingkan misi untuk menghancurkan cincin itu.

Begitulah dia, Samwise Gamgee. Tukang kebun dari Shire, yang teguh memegang janjinya dan tak pernah mengeluh sepanjang perjalanannya. Dia selalu ada untuk Frodo meskipun Frodo sempat tak menyukainya. Mungkin masih banyak yang belum bisa saya ceritakan mengenai dia. Teman, teladanilah apa yang telah dilakukan oleh Samwise Gamgee. Ambil yang baik-baik dari sifat seseorang, dan buanglah yang jeleknya.

10 thoughts on “Samwise Gamgee, Sahabat Sejati

    • mungkin karena waktunya terlalu lama ya ?

      padahal itu film bagus lhoo. Wikend kemarin aku nonton lagi, entah buat ke berapa kali.

      salam

    • Iya, tapi dia balik lagi menaiki tangga pas nemu roti Lembas. Karena dia yakin si Smeagol-lah yang membuangnya…

      Ngoleksi filmnya juga ?

  1. Aih, jadi ingat kembali trilogi TLTR.πŸ˜₯
    Sebuah kisah yang sangat masif, peperangannya, kedalaman ceritanya, kedalaman dunianya… luar biasa J.R.R. Tolkien.πŸ™‚

    Sam itu pembantu Frodo kan ya? Pembantu sekaligus kawan baiknya.πŸ™‚

  2. Agung Rangga says:

    hmm…
    Karena LOTR terlalu rumit ceritanya, jadi saya kurang begitu suka…😦

    Salam kenal…πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s