Kumandang

Orang normal mana yang tak pernah mendengar adzan ? Kita selaku penduduk Indonesia tentunya telah sering mendengar adzan dalam keseharian kita. Adzan merupakan panggilan sholat bagi umat muslim. Kumandang adzan tak pernah berhenti di muka bumi ini selama 24 jam. Selalu saja adzan berkumandang tiap detik di belahan bumi ini. Kumandang adzan telah menjadi ‘nada dering’ keseharian umat muslim. Adzan juga merupakan pengingat untuk kita agar senantiasa mengakui kebesaran dan keesaan Allah SWT, Rabb semesta alam.

gambar diambil dari berjamaah.com

Ada adzan yang telah membuat saya merinding saat mendengarnya. Pertama adalah saat dikumandangkannya adzan di kuping kanan seorang bayi yang baru lahir ke dunia ini. Adzan ini mungkin bertujuan untuk mengenalkan si bayi pada Allah. Ada perasaan haru saat mendengar kumandang adzan ini. Meskipun dasar hukum untuk melakukan adzan pada bayi yang lahir tidak kuat dan diragukan ke-shahih-annya, dengan adzan tersebut saya (dan mungkin Teman-teman sekalian) disadarkan kembali bahwa Allah-lah pencipta segala yang ada di muka bumi ini.

Ada kelahiran tentunya ada kematian. Ada adzan yang dikumandangkan saat kelahiran, maka ada pula adzan yang dikumandangkan saat kematian. Inilah adzan kedua yang telah membuat saya merinding saat mendengarnya. Saya menemui hal ini pada pemakaman seorang Ibu pada hari Kamis kemarin. Dada ini bergetar saat mendengar kumandang adzan dari dalam liang lahat tersebut. Sunyi sekali keadaan di sekeliling liang lahat tersebut saat adzan berkumandang. Sepertinya orang-orang yang hadir meresapi setiap bait adzan yang dilantunkan. Dengan adzan tersebut, saya diingatkan bahwa kita pun bakalan menyusul Ibu tersebut menemui Sang Pencipta. (red : meski demikian, pengumandangan adzan di dalam liang lahat tidak ada dalam syariat Islam. CMIIW).

Kedua jenis adzan tersebut memang kerap dilakukan di Indonesia ini. Meskipun tidak sesuai syariat, saya tetap bisa mengambil pelajaran dari kedua jenis adzan tersebut. Awali hidup dan harimu dengan mengingat Rabb-mu dan akhiri hari dan hidupmu dengan tetap mengingat Rabb-mu.

Oiya, ada satu lagi adzan yang selalu saya tunggu >>> Adzan Maghrib pada bulan Ramadhan.:mrgreen:

4 thoughts on “Kumandang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s