eRTe oh RT

Pasti sebagian besar Teman pernah berurusan dengan administrasi kependudukan ‘kan ? Rasanya hanya sedikit orang yang tidak atau belum berurusan dengan hal ini. Urusan kependudukan di negeri ini masih mengandalkan Rukun Tetangga sebagai tumpuan dalam mengurus hal-hal yang berbau kependudukan.

Pengurus Rukun Tetangga yang paling sibuk tentunya Ketua RT. Dia akan selalu menjadi tujuan pertama bagi setiap penduduk yang ingin mendapatkan pelayanan kependudukan. Sudah bukan rahasia lagi apabila kita mengurus sesuatu melalui RT, biasanya kita akan dimintai ‘uang sumbangan’. Jika uang itu bersifat resmi tak akan jadi masalah, namun akan jadi masalah apabila ternyata uang itu mengalir ke kantong yang tidak resmi.

Tak perlu menyalahkan siapa-siapa apabila hal tersebut kerap terjadi. Mungkin memang administrasi negeri ini saja yang masih perlu diperbaiki, terutama dalam administrasi kependudukan. Apabila administrasi kependudukan baik, niscaya baik pula administrasinya.

Kembali lagi pada ujung tombak pelayanan kependudukan di negeri ini, Ketua RT. Setidaknya hal-hal berikut perlu diperhatikan dalam menyiapkan ujung tombak yang mumpuni :

  1. Wakil dari kelurahan setempat perlu memantau jalannya pemilihan Ketua RT agar dia mendapatkan gambaran yang pas mengenai tingkat ke-demokrasi-an warga setempat. Syukur-syukur dia bisa memberikan gambaran terlebih dahulu mengenai Ketua RT yang baik.
  2. Berikan tunjangan atau honor bagi pengurus RT agar nantinya tidak ada lagi pungli atau tagihan-tagihan nyeleneh terkait pengurusan administrasi kependudukan.
  3. Berikan kursus singkat mengenai pelayanan prima terhadap pelanggan yang dalam hal ini merupakan warga di lingkungannya.

Selain itu, pengurus RT yang baik pun harus memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Berpendidikan dan memiliki wawasan yang luas;
  2. Memiliki pekerjaan tetap agar tidak tumbuh dorongan untuk meminta ‘uang nyeleneh’;
  3. Memiliki keinginan untuk selalu belajar akan hal baru;
  4. Peka terhadap lingkungan sekitar.

(mungkin) Jika hal tersebut di atas terlaksana, maka pengurusan administrasi kependudukan akan lebih baik dari waktu ke waktu.

 

o_O

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s